Selasa, 05 April 2011

ZIARAH WALISONGO


Pada hari Kamis sore tanggal 20 Januari 2011 berangkat dari Kantor Kecamatan Johar Baru Jakarta Pusat perjalanan Napaktilas Walisongo oleh 7 orang yang semua belum pernah melakukan ziarah ini dilaksanakan. Dengan dasar niat ibadah dan menjadi tamu para Waliullah, maka perjalanan tanpa lelah ini dapat ditempuh hanya dalam waktu 4 hari saja karena hari Minggu malam tanggal 23 Januari 2001 kami sudah sampai di Jakarta.

Inilah urutan perjalanan yang telah kami lakukan dari Jakarta ke Surabaya melalui jalur Utara Pulau Jawa dan kembali ke Jakarta melalui jalur Selatan:

CIREBON
Sunan Gunung Jati atau Syarif Hidayatullah, putra Syarif Abdullah putra Nurul Alam putra Syekh Jamaluddin Akbar. Makamnya di Cirebon, Jawa Barat.

DEMAK
Masjid Agung Demak makan R. Fatah, R. Pati Unus dan R. Trenggono
Sunan Kalijaga atau Raden Said, adalah putra adipati Tuban yang bernama Tumenggung Wilatikta atau Raden Sahur. Ia adalah murid Sunan Bonang. Makamnya di Kadilange, Demak, Jawa Tengah.

KUDUS
Masjid Agung Menara Kudus
Sunan Kudus atau Jaffar Shadiq, putra Sunan Ngudung atau Raden Usman Haji, dengan Syarifah adik dari Sunan Bonang. Makamnya di areal Masjid Menara Kudus, Kudus, Jawa Tengah. Masjid Menara Kudus juga menarik dari sisi arsitektur karena mengusung seni Jawa (menara) sebagai bangunan masjid.

Sunan Muria atau Raden Umar Said, adalah putra Sunan Kalijaga. Makamnya di Bukit Muria, Jawa Tengah.

TUBAN
Sunan Bonang atau Raden Makhdum Ibrahim, putra Sunan Ampel. Makamnya dekat alun-alun Tuban, Jawa Timur.
LAMONGAN
Sunan Drajat atau Raden Qasim, putra Sunan Ampel. Makamnya di Desa Drajat, Lamongan, Jawa Timur.
 GRESIK
Sunan Gresik atau Maulana Malik Ibrahim, juga dikenal Syaikh Makhdum Ibrahim As-Samarqandy adalah wali pertama dan sesepuh dari wali sembilan. Ia adalah keturunan ke-11 dari Husain bin Ali r.a. (cucu Nabi SAW). Makamnya di Desa Gapura Wetan, Gresik, Jawa Timur.
Sunan Giri atau Raden Paku atau Ainul Yaqin, adalah keturunan Maulan Ishak. Sunan Giri adalah keturunan ke-12 dari Husain bin Ali, merupakan murid dari Sunan Ampel dan saudara seperguruan dari Sunan Bonang. Makamnya di Giri, Gresik, Jawa Timur.
SURABAYA
Sunan Ampel atau Raden Rahmat, putra Maulana Malik Ibrahim, ia konon mempunyai garis keturunan dari Majapahit juga. Makamnya dekat Masjid Ampel (area Kembang Jepun), Surabaya.

Setelah selesai peziarahan ke Sembilan Wali pada hari Jum'at, 21 Jaruari 2011 jam 02.30 WIB  kemudian langsung menyebrang melihat keindahan Jembatan Suramadu.

Perjalanan pagi rombongan menyempatkan megunjungi Sentra Kerajinan Kulit di wilayah Magetan dan membeli oleh-oleh sabuk, dompet dan jaket kulit. kemudian beristirahat di Yogyakarta. Minggu pagi perjalanan dilanjutkan ke Kota Ciamis tujuannya adalah Makam Panjalu.


Setelah mengelilingi danau Panjalu masukrombongan ke Makam Pandalu untuk berdo'a. Selesai berdoa rombongan makan siang dan beristirahat di warung warga pinggir Danau Panjalu. Setelah sholat Magrib rombongan berangkat untuk pulang ke Jakarta.




Sungguh perjalanan yang mengesankan ziarah walisongo memberikan banyak hikmah terutama dalam hal keikhlasan dalam da'wah Islam. semoga kita semua dapat manfaatnya... amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar