Rabu, 23 Maret 2011

Memulihkan Windows Yang Rusak Tanpa Instal Ulang

Bagi para pengguna komputer atau laptop masalah yang paling sering kita hadapi adalah kerusakan pada software yang biasanya disebabkan oleh virus. Oleh karena itu untuk mengurangi resiko ini sebuah komputer wajib memiliki antivirus lebih dari satu. Memang banyak yang beranggapan bahwa antivirus menyebabkan system jadi lambat dan terasa berat. Tapi pilih mana, komputer anda lambat karena antivirus atau lambat karena virus ?

Apabila kita telah memasang antivirus tapi komputer masih terkena virus ya apa boleh buat. Kalau kerusakan benar-benar parah misalnya program yang terinstal banyak yang corrupt atau windowsnya tidak bisa running, Jangan keburu memilih inisiatif install ulang dahulu. Apalagi kalau windows anda masih genuine instal ulang adalah pilihan terakhir.

Pada beberapa jenis komputer/laptop keluaran terbaru, master windowsnya telah tertanam di harddisk khususnya model netbook 10 inch. Ketika terjadi masalah pada OS sebenarnya ada cara pemulihan yang sangat instant.
Untuk laptop merk HP disediakan software yang bernama Roxio Back On Trak, sedangkan untuk merk Acer disediakan software yang namanya Acer E-Recovery Mangement.
Untuk merk yang lain maaf saya belum menggunakan tapi sepertinya Roxio Back On Track digunakan beberapa merk komputer misalnya DELL.

Bagaimana penggunaannya ?

Ketika komputer mengalami masalah tugas kita hanya menjalankan software ini. Misalnya pada Roxio Back On Track, silahkan buka aplikasinya lalu pilih instan restore, klik continue dan ikuti instruksi sampai selesai (prosesnya tidak sulit, sifatnya instant restore).

Dimana software ini tersimpan ?

Biasanya software ini tersimpan pada bagian accesories tapi tiap komputer mungkin berbeda.

Bagaimana kalau windowsnya tidak bisa berjalan lagi ?

Caranya cukup mudah, pada saat komputer booting tunggu logo HP muncul (khusus untuk merk hp/compaq) lalu tekan f6 berulang-ulang maka program roxio back on track ini akan berjalan dengan sendirinya.
Untuk merk Acer silahkan Alt+f10 pada saat booting (timingnya harus tepat).

Saya rasa tidak perlu dibahas panjang lebar, untuk merk dan jenis yang lain prosesnya tidak jauh berbeda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar